DATA KITA

Data Informasi Dan Berita Terbaru

PERBEDAAN ANTARA DATA, INFORMASI DAN ILMU PENGETAHUAN

Kita sering mendengar kata-kata Data, Informasi dan Pengetahuan digunakan seolah-olah mereka adalah hal yang sama. Anda mendengar orang berbicara tentang internet sebagai "jaringan yang luas dari pengetahuan manusia" atau bahwa mereka akan "e-mail melalui data."

Dengan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan data, informasi dan pengetahuan - dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain - itu akan jauh lebih mudah.

Apakah Siapapun Terlihat DALAM DOKUMEN saya?

Beberapa tahun yang lalu, kantor pajak pemerintah Inggris kehilangan beberapa CD yang berisi catatan 25 juta orang, ketika mereka diposting unsecurely. Ketakutan adalah bahwa ada cukup informasi yang terdapat pada mereka untuk memungkinkan penjahat untuk mendirikan rekening bank, mendapatkan pinjaman, dan melakukan belanja Natal mereka ... semua di bawah nama orang lain.

Dalam kejatuhan, argumen utama dalam pers adalah tentang keamanan, dan pasti ada banyak yang menggunakannya untuk menyerang menteri Pemerintah. Siapa pun yang pernah bekerja di birokrasi akan tahu bahwa hal semacam ini berlangsung lebih sering yang kita ingin berpikir, sebagai orang-orang mengambil jalan pintas. Tidak ada prosedur atau proses resmi air-ketat. Hanya saja kali ini, mereka tidak lolos begitu saja.

Media menggunakan istilah "data" dan "informasi" secara bergantian.

Sebagai contoh, salah satu kesalahan yang sering adalah bahwa mereka kehilangan "data." Namun, Anda tidak dapat secara fisik kehilangan data. Anda tidak dapat secara fisik mengambil data, memindahkannya sekitar, dll

Bingung?

Mari saya jelaskan, tapi - sebelum kita melangkah lebih jauh - aku harus menunjukkan bahwa saya menggunakan defintions Infogineering dari tiga kata (data, informasi, pengetahuan) di sini. Mereka sudah begitu kacau selama beberapa tahun terakhir bahwa berbagai definisi tidak cocok. Jadi, biarkan saya menjelaskan bagaimana Infogineering memandang mereka semua.


Pertama, mari kita lihat Pengetahuan. Pengetahuan adalah apa yang kita ketahui. Pikirkan ini sebagai peta Dunia kita membangun di dalam otak kita. Seperti peta fisik, ada baiknya kita tahu di mana hal-hal - tapi mengandung lebih dari itu. Hal ini juga berisi keyakinan dan harapan kita. "Jika saya melakukan ini, saya mungkin akan mendapatkan itu." Krusial, otak menghubungkan semua hal ini bersama-sama ke jaringan raksasa ide, kenangan, prediksi, kepercayaan, dll

Ini adalah dari ini "peta" yang kita mendasarkan keputusan kita, bukan dunia nyata itu sendiri. Otak kita terus-menerus memperbarui peta ini dari sinyal yang datang melalui mata, telinga, hidung, mulut dan kulit.

Anda saat ini tidak dapat menyimpan pengetahuan dalam apa pun selain otak, karena otak menghubungkan itu semua bersama-sama. Semuanya saling terkait di dalam otak. Komputer tidak otak buatan. Mereka tidak mengerti apa yang mereka memproses, dan tidak bisa membuat keputusan yang independen berdasarkan pada apa yang Anda katakan pada mereka.

Ada dua sumber yang menggunakan otak untuk membangun pengetahuan ini - informasi dan data.
Data Data

Data / adalah fakta-fakta dari dunia. Misalnya, mengambil sendiri. Anda mungkin 5 ft tinggi, memiliki rambut cokelat dan mata biru. Semua ini adalah "data". Anda memiliki rambut cokelat apakah ini diturunkan di suatu tempat atau tidak.

Dalam banyak hal, data dapat dianggap sebagai deskripsi Dunia. Kita dapat melihat data ini dengan indera kita, dan kemudian otak dapat memproses ini.

Manusia telah menggunakan data selama kita ada untuk membentuk pengetahuan dunia.

Sampai kita mulai menggunakan informasi, semua kita bisa menggunakan adalah data secara langsung. Jika Anda ingin tahu seberapa tinggi saya, Anda harus datang dan melihat saya. Pengetahuan kita dibatasi oleh pengalaman langsung kami.
Infogineering Informasi

Informasi memungkinkan kita untuk memperluas pengetahuan kita di luar jangkauan indera kita. Kita dapat menangkap data dalam informasi, kemudian memindahkannya sekitar sehingga orang lain dapat mengaksesnya pada waktu yang berbeda.

Berikut ini adalah analogi sederhana untuk Anda.

Jika saya mengambil gambar Anda, foto itu adalah informasi. Tapi apa yang Anda terlihat seperti data.

Aku bisa memindahkan foto Anda di sekitar, kirimkan ke orang lain melalui e-mail dll Namun, aku tidak benar-benar bergerak di sekitar Anda - atau apa yang Anda terlihat seperti. Aku hanya membiarkan orang lain yang tidak dapat secara langsung melihat Anda dari mana mereka tahu apa yang Anda terlihat seperti. Jika saya kehilangan atau merusak foto, ini tidak mengubah cara Anda melihat.

Jadi, dalam kasus catatan pajak yang hilang, CD yang informasi. Informasi itu hilang, namun data itu tidak. Mrs Jones masih tinggal di 14 Whitewater jalan, dan dia masih lahir pada 15 Agustus 1971.

Mengapa itu penting ?

Ketika orang bingung data dengan informasi, mereka bisa membuat kesalahan kritis. Data selalu benar (saya tidak bisa 29 tahun dan 62 tahun pada waktu yang sama) tapi informasi bisa salah (mungkin ada dua file pada saya, satu pepatah Saya lahir pada tahun 1981, dan satu kata aku lahir tahun 1948).

Informasi menangkap data pada satu titik. Perubahan data dari waktu ke waktu. Kesalahan orang membuat berpikir bahwa informasi yang mereka lihat adalah selalu merupakan refleksi akurat dari data.

Dengan memahami perbedaan antara ini, Anda dapat lebih memahami bagaimana membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan fakta-fakta yang akurat.
0 Komentar untuk "PERBEDAAN ANTARA DATA, INFORMASI DAN ILMU PENGETAHUAN"

 
Copyright © 2014 DATA KITA - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info